TANDA BAHAYA PADA KEHAMILAN

Kehamilan adalah anugerah yang sangat indah bagi setiap pasangan. Namun banyak ibu hamil yang sering merasa gelisah dengan  kehamilannya apalagi pada kehamilan pertama. Mereka akan sangat menjaga kehamilannya dengan baik.
Info lainnya:SEKS EDUCATION UNTUK IBU HAMIL || BOLEHKAH BERHUBUNGAN INTIM SAAT HAMIL?!
Dibawah ini adalah 6 tanda bahaya pada kehamilan yang perlu diketahui oleh ibu hamil. Diantaranya:
1. Perdarahan pervaginam
    Keluar darah dari vagina pada  kehamilan muda bisa menyebabkan abortus (keguguran). atau bisa juga adanya kelainan letak plasenta, kelainan ini biasanya mulai timbul perdarahan pada umur kehamilan 24 minggu (6bulan) ke atas.


2. Bengkak muka, tangan dan kaki
    Bengkak muka tangan dan kaki akan sangat berbahaya jika disertai dengan tensi darah yang tinggi yaitu lebih dari 120/80. Biasanya bengkak muka tangan dan kaki ini merupakan tanda gejala PEB atau eklampsia. Apalagi bila hasil lab menunjukan bahwa protein urine positif. Ibu hamil dengan keluhan ini harus segera di rujuk ke RS karena bisa mengakibatkan kejang.
Namun bukanlah  hal yang berbahaya jika bengkak hanya terjadi pada kaki saja dan tensi darah dalam keadaan normal karena bisa saja itu diakibatkan karena aktivitas yang terlalu berat. Konsultasikan dengan bidan anda.

3. Sakit kepala yang hebat
     Akan berbahaya jika disertai dengan tensi darah yang tinggi atau kurang. Bisa menyebabkan PEB ataupun anemia.


4. Gerakan janin tidak seperti biasanya
     Gerakan normal janin yang normal adalah lebih dari 10 kali dalam 24 jam. Untuk mengetahui apakah gerakan janin berkurang atau tidak anda bisa dengan menggunakan gelang karet sebanyak 10 ditangan kanan anda dan pindahkan gelang karet ke tangan kiri jika bayi terasa bergerak. Jika dalam 24 jam gelang karet berpindah semua ke tangan kiri maka gerakan janin anda normal. Begitu juga sebaliknya.


5. Nyeri abdomen/ulu hati
    Hal ini akan berbahaya karena akan banyak kemungkinan yang terjadi. Bisa saja mengakibatkan solusio plasenta, appendicitis/usus buntu, kelainan letak janin dan hiperemesis gravidarum. Biasanya hiperemesis terjadi diertai dengan mual muntah yang berlebihan, sehingga membuat ibu hamil sangat lemas.

6. Gangguan penglihatan
     Biasanya gangguan penglihatan akan berbahaya jika disertai dengan tekanan darah yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dan merupakan salah satu tanda gejala PEB dan eklampsia.

Segera periksa kehamilan anda pada petugas kesehatan jika ke 6 point diatas terjadi. 

"Jadikanlah kehamilan sebagai anugerah dan jangan jadikan bencana"



Share on Google Plus

About milla

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment