YUK !!! SUKSESKAN PIN (PEKAN IMUNISASI NASIONAL) 2016

YUK !!! SUKSESKAN PIN (PEKAN IMUNISASI NASIONAL) 2016

YUK !!! SUKSESKAN PIN (PEKAN IMUNISASI NASIONAL) 2016


Polio merupakan salah satu penyakit menular yang disebabkan oleh virus yang menyerang sistem saraf sehingga penderita menderita kelumpuhan total. Penyakit yang pada umumnya menyerang anak umur 0-5 tahun ini ditandai dengan munculnya demam, lelah, sakit kepala, mual, kaku di leher dan sakit di tungkai dan lengan.

Baca juga ;MANFAAT MASA SUBUR PADA WANITA

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Tahun 2016 akan dilaksanakan di seluruh Indonesia. Untuk di provinsi Jawa Barat akan dilaksanakan serentak pada tanggal 8 - 15 maret 2016. dengan sasaran bayi balita 0-59 bulan, dengan target cakupan di tiap posyandu minimal 95%.
Vaksin yang dipakai untuk imunisasi selama ini buatan dalam Negeri yakni produksi Bio Farma di Bandung, Vaksin aman bagi tubuh anak, karena tidak ada efek samping dan dapat diberikan pada kondisi kesehatan apapun. Indonesia bersatu untuk memberantas polio dengan menyelenggarakan Pekan Imunisasi Nasional. PIN ini akan dilaksanakan di Posyandu, Polindes, Poskesdes, Puskesmas, Puskesmas Pembantu dan Rumah Sakit serta pos pelayanan imunisasi lainnya di bawah koordinasi dinas kesehatan setempat. Pemberian imunisasi dilakukan pada semua balita tanpa melihat status imunisasinya (sudah mendapatkan imunisasi polio atau belum).

YUK !!! SUKSESKAN PIN (PEKAN IMUNISASI NASIONAL) 2016


Tujuan pelaksanaan PIN Polio tahun 2016 bertujuan untuk mengurangi resiko penularan terhadap importasi virus polio tipe 2 dan VCDPV type 2, memastikan tingkat imunitas terhadap polio di populasi cukup tinggi dengan cakupan lebih atau sama dengan 95% serta memberikan perlindungan secara optimal dan merata pada kelompok umur 0-59 bulan terhadap kemungkinan munculnya kasus polio yang disebabkan oleh virus polio Sabin. Balita yang tidak datang atau belum mendapatkan imunisasi pada saat hari “H” harus dikunjungi (sweeping) dan diberikan imunisasi polio dalam kurun waktu maksimal 3 hari.
Mengingat pentingnya kegiatan PIN Polio ini, maka penting bagi kita untuk mendukung keberhasilan kegiatan ini. Bawalah balita kita ke pos pelayanan PIN Polio yang terdekat untuk mendapatkan imunisasi Polio. Dengan PIN Polio ini diharapkan pada akhir tahun 2018 penyakit polio berhasil dihapus di seluruh dunia.

Baca juga ;PREDIKSI DAN CARA PENGHITUNGAN KEHAMILAN
Share on Google Plus

About milla

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment