MANFAAT RUMPUT FATIMAH DALAM PROSES PERSALINAN

Persalinan dan kelahiran merupakan kejadian fisiologis yang normal.Kelahiran seorang bayi juga merupakan peristiwa sosial yang ibu dan keluarga nantikan selama 9 bulan.Lamanya proses persalinan akan berbeda dari orang yang satu ke orang lainnya, maka dari itu ada sebagian masyarakat yang meyakini bahwa untuk mempercepat persalinan bisa menggunakan rumput fatimah.


MANFAAT RUMPUT FATIMAH DALAM PROSES PERSALINAN


Rumput fatimah adalah tumbuhan yang diyakini mengandung oksitosin.
Hormon oksitosin berfungsi untuk merangsang kontraksi uterus agar terjadinya pembukaan serviks pada saat persalinan dan mempercepat persalinan.
Rumput fatimah jarang didapatkan di Indonesia karena rumput fatimah adalah tumbuhan semak semak yang tumbuh di wilayah timur tengah.
 Biasanya orang yang pergi haji membawanya sebagai buah tangan.

Namun belum ada penelitian yang jelas tentang seberapa banyak kandungan oksitosin pada rumput fatimah.
Maka dari itu, penggunaan rumput fatimah pada persalinan tidak sembarangan karena bisa saja membahayakan bagi ibu bersalin.
Penggunaan rumput fatimah pada proses persalinan bisa saja digunakan yaitu dengan merendamnya dalam air sampai tumbuhan itu terlihat mekar dan diminumkan kepada ibu bersalin agar merangsang kontraksi rahim.

Namun hal ini harus dilakukan dengan ketentuan bahwa persalinan sudah berlangsung dan pembukaan sudah memasuki fase aktif yaitu pembukaan 6-7 dan kepala bayi harus sudah turun.
Agar lahir dengan rangsangan rumput fatimah tidak gagal dan tidak terjadinya komplikasi pada persalinan



MANFAAT RUMPUT FATIMAH DALAM PROSES PERSALINAN

Share on Google Plus

About milla

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment